Kamis, 23 Juli 2015

MERDEKA!

"It doesn't matterif we fly or if we fall.
We've got each other.
We're doing it together.That's all that matters."

(petshopboys/ night song)

Saya yakin seorang Youk Tanzil Ring Of Fire tak akan bersemangat mengelilingi negri ini beserta dengan putra-putra nya untuk mengenalkan keaneka ragaman ritus ,kultur,adat budaya , dan alam Indonesia, jika tidak berbekal semangat menghormati perbedaan. Menghargai sebuah perbedaan sebagai suatu hal yang unik. Saya yakin sekali mereka adalah orang- orang toleran yang berpegang teguh pada filsafat sang sastrawan masa lalu “ Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tetapi tetap satu juga yaitu Indonesia....

Dalam rongga pemikiran saya RIDER adalah seorang RONIN ia bebas menentukan jalannya.tentunya dalam koridor yang bersemangat bendera Merah Putih. Berani karena Benar. Melangkah dalam rambu-rambu kebenaran. Dan jalan apapun yang ditempuh entah itu landai, curam,atau menanjak beraspal,berlumpur,ataupun berbatu cadas adalah mutlak hak asasi pilihan setiap RIDER.....MERDEKA!











































setelah menunggu agak lama di depan gerbang masuk.taman hutan Raden Suryo teman yang kena bocor akhirnya kita berangkat juga hari itu...si KLX ijo bannya bocor.Pagi itu kita terlihat semarak. bagaimana tidak? klo biasanya kita cuma ber empat puluh hari itu kita ber sembilan puluh..sebuah rekor baru untuk kegiatan Slendro Merah Putih. Greget "rasa kekeluargaan yang kental" sangat terasa ketika
dengan rela serta merta menunggu, dua teman yang belum naik karena ban bocor.Memang salah satu dari janji kami adalah :DATANG BARENG PULANG BARENG. banyak contoh dari para komunitas trail tetangga yang berangkat bareng tapi pulangsendiri-sendiri.motor rusak adalah urusan masing-masing. kalo kurang cepat ya ditinggal.motor rusak ya urusan mu sendiri. na itu asiknya kita. WE ARE TOGETHER. jalan mulai menanjak ketika kita masuk ke pet bocor. Struktur jalan adalah batu hidup. kenapa disebut batu hidup, karena jalan bukan makadam akan tetapi hanyalah jalan yang tersusun dari batu-batu yang ditata secara alami. Batuannya adalah batuan gunung. jalan ini biasanya digunakan sebagai sarana jalan pengangkutan belerang dari puncak gunung welirang. setiap hari selalu ada trip jip pengangkut belerang dari atas kebawah dan sebaliknya. Gunung Welirang terletak di Kabupaten Pasuruan. Selain Welirang, di kawasan ini ada empat puncak lainnya. Gunung Arjuno (3339 mdpl) di arah timur dan G. Ringgit di Timur Laut. Dua puncak Gunung Kembar (2800 mdpl) terletak antara Welirang-Arjuno. Sedang puthuk Limas ada jauh di Utara. Di lerengnya terhampar kawasan hutan lindung Arjuno Lali Jiwo yang luasnya mencapai 4960 ha, di bawah pengawasan Kesatuan Pemangkuan (KPH) Pasuruan. Vegetasinya khas hutan tropis. Diantaranya Anggrung, Sengon, Sono, dan Mahoni. Di beberapa petak didominasi Kaliandra. Di kawasan mendekati puncak dapat ditemui Pinus dan Edelweeis. Rusa, Kijang dan Kancil merupakan herbivora yang sering dijumpai. Predator semacam anjing hutan kadang berkeliaran di kawasan ini. Konon, beberapa tahun lampau Harimau Jawa masih bisa ditemukan.....
hari itu SEMPU mencoba2 ber destinasi di KOKOPAN. kopkopan adalah pos ke dua jalur pendakian gunung arjuno welirang.Kata Kokopan berasal dari bahasa Jawa, yaitu ngokop yang berarti meminum air langsung dari sumber air. Di tempat ini selain tanahnya agak lapang lengkap dengan batuan untuk bersandar, juga terdapat mata air yang airnya jernih mengalir disela-sela bebatuan. Ada penduduk lokal menyebut tempat ini dengan sebutan Reco, karena dulu pernah ditemukan Arca di tempat ini....
kokopan sebagai desteni adalah sebuah hal yang agak berat mengingat beberapa spek dari speda kami kurang mumpuni untuk mencapai itu. Tapi yang namanya TARGET ADALAH TARGET dan perjalanan bukan lah TARGET akan tetapi adalah bagaimana kimenikmati perjalanan ke target yang ditentukan...
dari target Kokopan yang dicanangkan tidak ada satupun yang sampai kesana.disamping dehidrasi berat dan kurangnya bekal minum yang kami bawa.Medan yang minta ampun beratnya untuk sebuah sepeda yang biasa. adalah tantangan terberat kami. dan itulah yang membuat kami bangga...KITA LUAR BIASA KARENA KITA BIASA SAJA.....
perjalanan yang berjeda sekitar lima jam molor menjadi hampir sepuluh jam. kendala fisik dan mesin jadi masalah.sekitar pukul 8 malam kami baru meninggalkan warung di pet bocor. karena menunggu 2 teman yang masih tertinggal diatas. dan inilah yang harus saya banggakan dari Komunitas ini.....KEBERSAMAAN.