Selasa, 28 Juli 2015

Aku melihat Indonesia












 aku berdiri di pantai Ngliyep  Aku mendengar lautan Indonesia bergelora 
Membanting di pantai Ngeliyep itu Aku mendengar lagu – sajak Indonesia                              
Jikalau aku melihat Sawah menguning menghijau                                                            
Aku tidak melihat lagi Batang padi menguning – menghijau 
Aku melihat IndonesiaJika aku melihat gunung-gungung Gunung Merapi, gunung Semeru, gunung Merbabu Gunung Tangkupan Prahu, gunung Klebet Dan gunung-gunung yang lain 
Aku melihat Indonesia 
Jikalau aku mendengar pangkur palaran 
Bukan lagi pangkur palaran yang kudengarkan  
Aku mendengar Indonesia 
Jika aku menghirup udara ini 
Aku tidak lagi menghirup udara
 Aku menghirup Indonesia
 Jika aku melihat wajah anak-anak di desa-desa 
 Dengan mata yang bersinar-sinar(berteriak) Merdeka!  
Merdeka!, Pak! Merdeka! 
Aku bukan lagi melihat mata manusia
 Aku melihat Indonesia!
oleh
BUNG KARNO