Minggu, 07 Agustus 2022

hepi ya hepi saja

Pram menulis bahwa hidup itu adalah keberanian.berani untuk hidup berani untuk  mati.berani qmenerima kenyataan. berani mengakui kesalahan...berani untuk hidup sederhana...berani untuk gembira apa adanya...
.kenapa kita dijajah bangsa asing pun karena kita takut(baca tidak berani)...
jokowi dihormati karena ia berani...ia petruk yg jadi ratu...ia petruk yg tak risau dengan penampilan....ia punokawan ia melayani....bandingkan dengan sby yang gagah tentara juga.. cakep seperti Rama..bahkan banyak mama mama dan emak emak yang idolakan sby. Iya kesatria tapi sayang menurut saya tidak berani...pengecut sepengecut rama...terlalu banyak pikir karena ada beban pamrih di punggungnya...

 keberanian timbul jikalah tak ada maksud dan murni...

Sugih tanpo bondo
Digdoyo tanpo aji
Trimah mawi pasrah
Sepi pamrih tebih ajrih
Sugih tanpo bondo
Digdoyo tanpo aji
Trimah mawi pasrah
Sepi pamrih tebih ajrih
Langgeng
Tanpo susah, tanpo seneng
Anteng mantheng
Sugeng jeneng...
Maka kalolah kita benar apa yang perlu ditakutkan...
termasuk untuk bergembira..apa adanya...hepi ya hepi saja...
Justru ini saya dapat dr perjalanan astral saya ketika dibawa masuk kealam kajiman.didalam alam itu saya diajak jalan jalan ke kampung mereka...serba merah.pakaian serba merah rumah berkaca serba merah..semua penduduk laki perempuan bajunya merah..saya dibawa ke alam mereka  oleh laki berbaju sunda sutra merah.diazjak keliling kampung untuk bertemu dengan orang yg dituakan dikampung itu. Saya waktu itu sakit..(sakit pikir.)
Singkatnya akhirnya saya ketemu tetuanya dan ia berkata yang bisa sembuh kan hanya eyangnya sendiri...
Akhirnya sy pulang .sebelum pulang saya pun di ajarin cara makan minum.ala mereka...endingnya si embah itu bilang...seneng ki ya seneng wae...dan saya terbangun terbatuk batuk..karena tercekik 7 asap hio...yang mengkabut dikamar tertutup  mesh kuno tak berpenghuni dan angker itu...
Saya pun keluar di halaman pabrik yang sepi itu..meloncat dan menari sendiri.. Melenggang melenggok seperti yang mereka ajarkan dikampung merah itu...teringat kata si simbah: seneng ki ya seneng bae kaya kiyi...dan saya pun Ber.CUECCA SOLO.(MENARI SENDIRIAN)
@EKO RAWONT BOGOR 220807