Rabu, 13 Agustus 2014

ANTARA AKU,LISA DAN, KAU





OPEN YOUR MIND FOR OPEN SOURCES OS"  Saya buka dengan tulisan inggris,biar kelihatan ngetren trendi dan mutahir.padahal topik ini sebenarnya sudah usang,sebab sudah digembor gebarkan seantero jagat bertahun2 yang lalu.hanya saja .... saya ber dalih pada  ungkapan yang berbahasa inggris pula :"better late than never " ......ehm tulisan ini berdasarkan atas keprihatinan saya kepada diri saya sendiri yang menggunakan sistem operasi bajakan dikomputer panggul kesayangan saya....suatu hari (kira-kira 3 tahun yang lalu ) saya ke hitec mall di surabaya saya bertanya os xp yang home berapa harganya?ternyata masih kisaran 400 an ribu...karena saya warga negara yang taat hukum dan waktu itu belum banyak kebutuhan saya beli itu software....saya instal dan saya regitrasikan....
suatu ketika komputer saya yang jadul ngadat,tower operator gsm depan rumah kesambar petir...termasuk komputer  panggul kesayangan saya...alhasil ketika saya bawa di tukang komputer "katanya "motherboard beserta seluruh isinya harus diganti! cekidot.......karena saya butuh ..saya ganti semua , upgrade habis2 an...karena saya punya os xp original  maka situkang komputer saya  suruh instal dan register sekalian atas nama saya....ternyata WWWnya microsoft tidak mau menerima registrasi tsb...satu software os hanya untuk satu komputer dengan spesifikasi yang sudah terdaftar...semprulll ilang deh .....dan sejak itu saya beralih ke OS windows  XP  profesional SP2(maksudnya Sure Purely Piracy)
karena  saya tidak mau ketinggalan dengan teman komunitas  yang waktu itu gethol-getholnya mengenalkan LINUX...ketika di tanya kamu pake distro apa ? daripada saya tidak menjawab dan dikira tidak punya komputer dengan tegas saya menjawab saya pake LINUX BAJAKAN distro AKUBUNTU(maksud saya aku  buntu..karena saya benar2 nggak tahu)......
didalam otak saya yang complicated yang terbayang diotak saya...LINUX adalah sistem operasi yang rumit,ribet,menyusahkan dan harus di operasikan oleh para operator komputer setingkat  GEEK, HACKER,pokoknya orang yang ahli kompi.....suatu ketika seorang teman memberikan saya sebuah live dvd  linux uber student...teman saya mengatakan kepada saya : "di coba diinstal , di komputer panggul njenengan ...gampang sanget kok "karena yang mengatakan seorang yang tahu tentang komputer...saya berkata dalam hati " yang ngomong programer jadi ya... mesti bilang gampang "....Singkat cerita saya di briefing singkat untuk persiapan instalasi.... malem itu juga saya coba....dan....BERHASIL. ternyata tak serumit yang saya bayangkan...saya pun bercanda menyombongkan diri dan berkata :"halahh nak mung ngene bayi wae iso " kepada teman saya yang berambut curly ngandan-andan....
Linux adalah salah satu sistem operasi terkemuka saat ini dan sekarang tersedia dalam beberapa distribusi yang berbeda atau sering disebut sebagai DISTRO, dimana semua disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dan keinginan dari penggunanya....sebagai sistem operasi yang bebas terbuka..linux didistribusikan keseluruh dunia dengan  gratis...sistem ini sangat cocok bagi mereka yang punya potensi tapi terhalang faktor  3D (Duwit Duwit Duwit)...sistem ini juga sangat cocok bagi mereka yang sedang melaksanakan efesiensi dan menyukai program 3G (Gratis Gratis Gratis )....
sistem operasi linux yang ringan dapat beroperasi dengan baik di komputer jadul .dan sistem ini sudah mendukung semua perangkat keras dalam komputer saya.apalagi di dukung sistem uptodate online dari masing 2 distro membuat  si linux jadi lebih mantab dan tangguh...distro linux yang paling populer adalah Ubuntu (berbasis pada Debian), Fedora, LinuxMint, openSUSE dan Debian... dan saya sangat terkejut mengetahui bahwa saat ini ada lebih dari 650 distro di dunia menurut Distrowatch sebuah situs yang melacak popularitas disto berbagai macam linux....epreettt banyak sekali !
dari beberapa distro yang pernah saya coba : Ubuntu uber student ,ultimate edition,fedora,artissex,linuxmint 12 lah yang paling mengesankan hati saya ..penampilannya yang energik kombinasi grey dan lime.....membuat si lisa ini seperti adiknya mac...selain sederhana  si lisa juga cepat dan sesuai bandrol yang dipasang" mint"...ringan seperti kapas...
dan keputusan sayapun bulat.....LISA KUPINANG KAU DALAM WISHMELUCK!
Diposkan oleh e rahmawan(rawont) di 21.26  KAMIS, 26 JANUARI 2012

Jumat, 25 Juli 2014

“samar”


“…Ana pandhita akarya wangsit, kaya kombang anggayuh tawang, susuh angin ngendi nggone, lawang galihing kangkung, watesane langit jaladri, tapake kuntul nglayang lan gigiring panglu…”

*************************
Sudah sampai apa aku menjalani “samar” .   Sampai apa kualitas pemahaman hidup ku sekarang sampai.  Aku  dengan sesama, aku dengan Tuhan. benar benar aku  ling-lung tak tahu lor (utara) kidul (selatan).  “ Enthung-enthung endhi lor endhi kidul?” Gung liwang-liwung.nang ning nong….wahai semar yang samar….ora ono opo-opo? Jawa itu jawabnya, O itu akhirannya .Engkau akan tahu jawabnya ketika sudah sampai. Menjalaninya…..lalu sunyi mamring…..dandhanggula yang hilang sendiri ditelan sepi tengah malam….aku mengangguk . Pangeran  ya tempat Pangengeran (tempat bersandar bertumpu). Engkau akan tahu jawabnya ketika sudah sampai….
26 Juli 2014. Hari hari terakhir bulan Ramadhan.(E.Rahmawan).

Rabu, 09 Juli 2014

Definisi kemiskinan

 

"Poverty is the state of one who lacks a certain amount of material possessions or money" Kemiskinan adalah keadaan seseorang yang tidak memiliki sejumlah harta benda atau uang.(Poverty (sociology)". Poverty (sociology). britannica.com. Retrieved 2010-10-24.)

Definisi kemiskinan yang saya pelajari pun berbeda-beda ,menurut ahli ,mazhab dan misinya masing-masing...
Ada lagi definisi yang tidak DAPAT dipisahkan dari definisi utama tentang kemiskinan.yaitu :Absolute poverty (Kemiskinan Absolut ) dan Relative poverty( Kemiskinan relatif).Kemiskinan Absolut  berkaitan dengan kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia ;yang   mencakup kebutuhan air bersih   gizi , perawatan kesehatan , pendidikan , pakaian serta tempat tinggal.  Kemiskinan  Relatif  berhubungan dengan masalah status sosial...dimana di artikan kurang diterimanya  status sosial seseorang di kelompok status sosial tertentu  karena kurangnya pendapatan yang dihasilkannya apabila dibandingkan dengan pendapatan anggota lain dalam kelompok status tersebut...lebih sempit disebut sebagai masyarakat..untuk sekala lebih besar disebut negara...saya  jadi teringat seorang pelopor aliran psikologi humanistik  Abraham Maslow (1908 - 1970) yang merumuskan tentang  Hirarki Kebutuhan manusia: Dimana secara berurutan kebutuhan manusia adalah :  1.  Kebutuhan fisiologis atau dasar, 2.Kebutuhan akan rasa aman, 3.Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi,4.Kebutuhan untuk dihargai, 5.Kebutuhan untuk aktualisasi diri.....Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai teori hirarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri). ....Abraham Maslow. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Ann Kaplan: Maurice Basset.

Di dalam dunia pendidikan, kemiskinan  juga memengaruhi secara signifikan  kemampuan belajar dan daya serap murid di sekolah....Terutama murid yang berusia muda yang berasal dari keluarga miskin, dimana tidak begitu memperhatikan aspek gizi untuk menumbuh kembangkan kecerdasan otaknya....hal inilah yang menyebabkan timbulnya...GENERASI-GENERASI BARU YANG BODOH....yang terus berakar beranak pinak...sehingga terjadilah BENCANA KEFAKIRAN MASAL....inilah FENOMENA YANG KAYA MAKIN KAYA...YANG MISKIN MAKIN MISKIN...maka muncullah dualitas status MISKIN GENETIS dan KAYA GENETIS!


dan kemiskinan itu seperti orang yang ngompol dicelana...semua orang bisa melihat,semua orang bisa membaui kepesingannya...sehingga mereka punya hak untuk berkata : MINGGIR KAMU BAU !..atau pergi begitu saja ...tetapi yang bisa merasakan kemiskinan adalah  si miskin itu sendiri..hebatnya si miskin sudah kena penyakit polip akut..sehingga ia tidak peduli dengan kemiskinannya....sebab mereka merasa bahwa hidup itu untuk menjalani...menjalani dan menjalani....

Selasa, 08 Juli 2014

mr.Yoi dan pilpres


Kedatangan tamu agung dari jauh.dari Lombok ke Pandaan. Touring keliling Indonesia,judulnya sih kata mas yoi "PILPRES" hidup indonesia! dan speda mas yoi sekarang udah bebas dari nama sponsor.dulu yang berwarna merah sudah jadi hitam legam.namanya sekarang "Mr.Yoi" sudah jadi sponsor tunggal .kalo kemaren 2012  kesini ada bendera pemda NTB kali ini datang dengan bendera  perum pegadaian.menurut mr yoi seharusnya untuk mengatasi ruwetnya masalah negeri ini harus pakai motonya pegadaian "mengatasi masalah tanpa masalah ".lak  yo begitu to mas Yoi ?

Minggu, 06 Juli 2014

You are the BEST in my live



potret panen dan pemilu

 
wereng coklat

Padi menguning siap dipanen, bulirnya bergantungan melambai-lambai menunggu  ani-ani  (alat potong padi tradisional berbentuk seperti kerokan pemotong jenggot) memotong batangnya. Para gadis ,wanita bersukaria sambil berdendang lagu yang mereka bisa,memetik kemudian di masukkan kedalam te'nggok (keranjang yang terbuat dari anyaman bambu ) . Dirumah si empunya sawah tergelar tikar anyaman bambu. Sudah disiapkan untuk iles-iles. Iles-iles adalah cara yang dilakukan para petani tradisional untuk memisahkan  bulir-bulir padi dari batangnya.  Caranya dengan menginjak padi tersebut dengan kaki. Dan disinilah saya bisa melihat bagaimana seorang wanita jawa mengekpresikan diri setengah menari sambil menginjak nginjak batang padi. Suara batangan padi beradu alas tikar bambu,ber ritme teratur bersahutan dengan pebincangan hidup sehari-hari ahh sungguh dinamis sekali ...Saya sangat merindukan suasana itu euforia panen padi, jenang brendul (bubur merah yang terbuat dari tepung beras,didalamnya terdapat butiran bulat kecil yang seperti bakso inilah yang disebut brendul, berasa manis, manis gula jawa, biasanya ditemani dengan bubur putih,disebut bubur mega ),jenang ini dijual dan mata uang tidak digunakan, alat bayarnya adalah gabah dengan ukuran genggaman tangan, biasanya si pembeli membiarkan  dengan sukarela si penjual jenang mengambil beberapa genggam gabah dari senik atau te'nggok kecil upah dari pemilik sawah. Nah inilah semangat kemandirian,kebersamaan yang bisa ditangkap oleh Ir.Soekarno, hingga tercetuslah marheinisme.


Dari potret panen diatas bisa dilihat kebersamaan dalam menikmati berkah, yang punya sawah bisa panen zonder (tanpa) mengeluarkan uang untuk tenaga kerjanya, Tetangga yang tak empunya sawah  bergembira karena juga bisa menikmati berkah panen sawah tetangga, semua bergembira. Dan HEBATNYA tak ada uang yang bergulir disini....si miskin berjaya, semua memperoleh surganya.

MUNGKIN jika negara indonesia mempunyai filsafah euforia panen padi tadi, negeri ini tidak akan disetir oleh negara lain. Kita selalu ingin tampak hebat dimata negara lain tapi keropos didalamnya..Saya lupa, ditahun berapa indonesia memutuskan untuk masuk pasar bebas. Padahal waktu tersebut indonesia belum siap, tapi demi cari muka  indonesia masuk saja. Padahal negara besar seperti Republik Rakyat Cina, menolak untuk masuk  karena merasa belum siap......terbuktilah penundaan masuknya cina menjadikan cina sebagai macan ekonomi Asia.....sedangkan indonesia  yang waktu itu sempat menduduki  peringkat macan asia sekarang sudah mengkeret (mengecil)  jadi kucing asia...setidaknya itulah yang disindirkan salah satu tokoh dinegeri seberang Mahatir atau Lie kuan yu...(saya lupa namanya).
Seorang teman ,penulis buku "Gadis Gurun" dan "Medula sinculasis" pernah bercerita ,apabila negeri ini mau berkaca pada negara Oman. tentu kita kan lebih jaya lagi. Oman adalah negara kecil yang luasnya se pulau Jawa. Seluruh wilayahnya dikelilingi gurun, hanya mengandalkan penghasilan penjualan  minyak ,mentah dengan kuota hampir sama dengan Indonesia. Dan oman tidak mengikuti OPEC. Pengaturan pembagian yang jelas dari penjualan minyak mentah dunia mengantarkan kesejateraaan pada seluruh rakyatnya. sebagai misal sekolah gratis,ada  tunjangan hidup untuk warga negaranya, harga premium sekelas pertamax disana cuman 4000 an,  yang  di indonesia harganya dua kali lipatnya lebih, gaji polisi per bulan 400 juta,harga mobil sekelas lexus yang di Indonesia milyaran di sana cuman jutaan....apa yang bisa membuat itu terlaksana?  Good Governent tinggi, tingkat korupsi rendah. Oman  menempati peringkat ke 41  dunia.  bandingkan dengan Indonesia  yang menduduki peringkat 126,   masih unggul Vietnam  dan Nigeria di peringkat 121.(versi survei www.transparency.org dan www.icgg.org )
Dalam  sebuah diskusi yang hangat hingga subuh hari beberapa waktu lalu, ada pertanyaan "ketika semuanya sudah korup,rusak, bejat, bagaimana kita bisa merubah negeri ini ?"
 jawabnya : mulailah berubah dari diri sendiri, gaya hidup,mengubah dogma-dogma yang sudah ada, apa yang sudah di doktrinkan mari ditelaah. Seperti itukah kita?
jaman ini mengarahkan kita menjadi  kaum  latta wal uzzwa di mana material menjadi Tuhannya manusia.Tanpa sadar kita menyembah berhala-berhala itu. Materialisme yang membabibuta!
 Saatnya pula menjadi kafir,terhadap ajaran materialisme yang membabibuta. walaupun kafir tetaplah syukur terhadap apa yang dibagikan Tuhan, jangan menjadi KAFIR KUFUR, jadilah KAFIR SYUKUR.Jangan terjebak ,terkotak-kotak pada jargon,istilah -istilah difinisi manusia. Berubah dari diri sendiri...kembali kealam budaya sendiri.....
Jangan mengharap perubahan dari pemerintah, Pemerintahan sudah super sibuk ngatur diri sendiri, Sibuk dengan proyek pencitraan diri,menampilkan muka-muka yang manis depan rakyatnya apalagi sekarang sudah mendekati pemilu,saatnya meraka sibuk menyusun strategi untuk memenangkan koalisi menjadi penguasa-penguasa bumi ibu pertiwi lima tahun kedepan......
Negara , pemerintah kita..tak pernah hadir dalam setiap kepedihan, kesakitan rakyatnya ,tangisan kelaparan anak-anak kita...Tak ada pemerintah di hati rakyat kecuali kata PEMERAS!
Karena kita sendirian, maka harus pintar-pintar menyesuaikan diri. Sebagaimana filsafat Jawa, "EMPAN PAPAN".  ada saatnya berhenti,ada saat memacu keras, adakalanya harus memberontak keras. Diam tapi bersiasat kedepan. Dijaman yang serba tak pasti ini hanya akal budi dan hati nurani yang harus kita ikuti....
Yang terakhir tetaplah berjamaah,berkelompok dengan orang-orang seideologi, seiman. bersatu dalam prinsip,mengubah negeri ini menjadi lebih baik, ingat sapu lidi  adalah kumpulan dari kesatuan lidi-lidi. kalo sebatang lidi bukan disebut sapu...tetapi lidi.....
PERUBAHAN ITU DIMULAI DARI DIRI SENDIRI.....seperti kata che Guevara :
 "If you can change yourself, you can change the world !"
"The revolution is not an apple that falls when it is ripe. You have to make it fall!"

Adzan subuh berkumandang dari mushola samping rumah diskusipun usai  sudah.........bersalam-salaman sambil menyebut nama kawannya.....ada yang nyelethuk "koyok pilem pe-ka ii,nek koyo ngene...yo co" dan salah satu dari kami ada yang menggumamkan lagu yang pernah dilarang itu.....semua tertawa termasuk saya....
e.rahmawan dari  cuplikan tulisan saya "mangsa kapat"

Selasa, 24 Juni 2014

Taketama

taketama = tak kerja tak makan!


Bagi saya Dunia ini memang gila, tetapi saya harus dapat menemukan makna kehidupan. Saya mungkin memiliki berderet-deret alasan, tentunya jangan membiarkan alasan-alasan ini itu menghentikan pencarian saya akan makna kehidupan. Saya memiliki masa lalu yang suram,. Mungkin kehidupan Saya saat ini masih sulit. Mungkin juga  hidup Saya sulit karena terjebak dalam bingkai pikiran " untuk lebih dari yang lain". Meskipun sekarang saya sedang berjuang untuk "lebih maju dari oranglain", Saya harus memiliki kesempatan untuk "memperoleh makna kehidupan".

Hidup adalah perjalanan dari pengalaman-pengalaman yang tujuannya supaya  bisa di maknai. Dan masing-masing individu mengekspresikan hal ini dengan cara yang berlainan, masing-masing jujur terhadap diri sendiri ,sebagai bagian dari perjalanan tersebut. Dan apabila intuisi memanggil untuk melakukan sesuatu sekarang juga, baiknya bila bertindak saat itu juga. DO IT ANYWAY! 
Dari sebuah literature yang pernah saya baca, karya Andrew Tresidder dengan judul “I’AM FINE !”  di tuliskan dalam buku itu tentang kisah yang bermakna dari kuil Delphi. Kuil ini dianggap sebagai situs candi penting dalam peradaban yunani.  Kuil ini dipercayai sebagai porosnya bumi. Layaknya Ka’bahnya para muslim.Atau Candi Jawi bagi orang-orang kejawen. Di Pintu  Kuil Delphi yang terkenal itu terukir  tiga frase kata :
            gnothi seauton              =     "mengetahui dirimu sendiri
  meden agan                    =    " tidak lebih "
engya para d'makan      =    "membuat janji 
                                                      dan kerusakan sudah      dekat”

Gnothi Se’ Auton "Kenalilah Dirimu Sendiri" dalam bahasa Yunani Kuno. Kalimat lain yang terpahat di pintu masuk kuil Delphi berbunyi, meden agan "Tidak Berlebihan" atau "Keadaan cukup adalah Segalanya". Sedang frase selanjutnya engya para d'makan "membuat janji dan kerusakan sudah dekat”  berkaitan dengan cerita kebijaksanaan penuh makna .Menurut mitos kuno, para Dewa merasa bahwa banyak manusia tidak seharusnya menemukan Rahasia Alam Semesta dengan begitu mudah. Dalam pertemuan, seorang dewa menyarankan untuk meletakkan rahasia itu di puncak gunung tertinggi, sedangkan dewa lainnya menganjurkan di dasar samudera. Tetapi sang Raja Dewa, Zeus, tidak setuju, katanya "Manusia tentu akan cukup pandai untuk mencari hingga ke sana—kita harus membuatnya tidak terlalu mudah ditemukan oleh mereka." "Jadi, di manakah kita seyogianya menyimpan harta karun yang sangat agung ini?" tanya yang lain. "Marilah kita meletakkannya jauh di dalam kalbu mereka sendiri—mereka tak akan berpikir untuk mencarinya di sana!" jawab Zeus.
"Kenalilah Dirimu Sendiri" , "Tidak Berlebihan" atau "Keadaan cukup adalah Segalanya".

"Kenalilah Dirimu Sendiri” , tak ada seorang pun yang dapat menilai pribadi saya dengan lebih akurat dibandingkan dengan diri saya sendiri. dan yang paling penting bagi saya sekarang ini adalah bekerja dan bekerja,tidak untuk saya tapi untuk  anak-anak saya. Mumpung saya masih dikasih waktu tegak berdiri. harapan saya pada Tuhan setidaknya sebelom saya mati. ada yang bisa saya persembahkan kepada anak-anak saya. Setidaknya mereka harus lebih bahagia daripada saya. Rasanya kurang adil jika karena saya tidak sungguh-sungguh berusaha mereka tidak bisa wujudkan mimpi-mimpi mereka. Di alam yang harus selalu berhitung di Negara yang sudah terlanjur menjadi Negara kapitalis murni. karena yang terjadi didalam kehidupan keseharian adalah  TAKETAMA (TAk KErja maka TAk Makan). Tidak bekerja keras jangan mimpi dapatkan keberhasilan dan kemaslahatan hidup. 
Ada singkatan yang menjadi nama sebuah gerai toko bahan bangunan dan alat industri di Surabaya .AJBS, kalo di jabarkakan menjadi Anak Jaya Bapak Sejahtera. Mimpi anak yang terwujud adalah kebahagiaan terbesar bagi orang tuanya. Ya bapaknya ya mamanya. Dan mimpi adalah sebuah mozaik besar dia terwujud dari ketekunan, kesabaran,percobaan,kegagalan , kebehasilan secara terus menerus.
Sebuah impian adalah harapan dari hatimu. saat kau nyenyak terlelap. Dalam mimpi-mimpi-mu, kau kehilangan sakit-sakit hatimu. Apa pun yang kau harapkan akan menjadi milikmu. Yakinilah impian-impian-mu Dan suatu hari nanti pelangi-mu akan Menyeruak bersinar.. Bagaimana pun menderita-nya hatimu. Apabila kau tetap percaya..Impian yang kau harapkan akan menjadi kenyataan. Sebuah impian adalah harapan dari hatimu.(bette midler, seorang penyanyi diera 70-an)”

When I was a little girl my father used to say,
"If trouble ever troubles you, just dream your cares away."

A dream is a wish your heart makes
when you're fast asleep.
In dreams you will lose your heartache,
whatever you wish for you keep.

Have faith in your dreams and someday, someday,
your rainbow will come smiling through.
No matter how your heart is grieving,
if you keep on believing
the dream that you wish will come true.

 Oh, no matter how your heart is grieving,
if you keep on believing
the dream that you wish will come true.
(bette midler)
.

Dengan syair lagu itu saya menutup  catatan kecil ini .  sebagai  denouement (akhir sebuah cerita)  saya kutipkan kata kata dari mentor spiritual saya  Mario Teguh : 


"Anda akan mudah melihat keindahan dari apa pun yang Anda miliki - bila Anda menyikapi apa pun milik Anda - sebagai yang terbaik dari yang bisa Anda miliki sekarang, ... mungkin tidak sebaik yang dimiliki oleh orang lain, tetapi ia adalah yang sudah Anda miliki.
Bila Anda hanya menempatkan yang belum Anda miliki sebagai yang Anda inginkan, maka akan mudah bagi Anda untuk tidak mensyukuri harta yang berlim-pah, kedudukan yang tinggi, nama yang besar: dan keluarga yang baik.
Seseorang bisa saja hidup dalam ke-limpahan pemberianAlam, tetapi bila ke-inginan rahasia dalam hatinya tetap cen-derung kepada yang tidak dimilikinya: dia akan menelantarkan apa pun yang telah ada padanya.
Ketahuilah bahwa menginginkan yang sudah Anda miliki. adalah upaya un­tuk mengundang perhatian dan kasih sa-yang Yang Maha Memudahkan bagi pen-capaian yang belum Anda miliki."
  e.rahmawan 0614 untuk jurnal kecil saya


Senin, 23 Juni 2014

the sunset

Dusk is just an illusion because the sun is either above the horizon or below it. And that means that day and night are linked in a way that few things are there cannot be one without the other yet they cannot exist at the same time. How would it feel I remember wondering to be always together yet forever apart?” 
 Nicholas Sparks, The Notebook

“When the sun has set, no candle can replace it.” 
 George R.R. Martin

“Can you see the sunset real good on the West side? You can see it on the East side too.” 
 S.E. Hinton, The Outsiders











gayo

gayo

Gayo, itu nama kopi yang ditengguk satu persatu, sore itu. Rokok djarum super merah manisnya mencairkan pahit getirnya kopi hitam itu. Gula kelapa dua sendok kecil diaduk pelan perlahan. Irama guratannya memberikan makna pada cangkir kecil bergambar bunga melati.mulut cangkir yang mungil menganga telanjang tanpa tutup. membiarkan uap kopi  meliuk pelan moksa hilang berbaur asap sebatang rokok filter tergeletak sembarangan. Hujan lagi. Angin memainkan percik percik air tampias hujan. Kecipak-kecipak itu mengingatkan aku pada birahi katak-katak sawah dihamparan sawah padi yang barusan di tanami.Siluet gunung penanggungan biasnya tertutup gegap gempita hujan.
Kabarnya para buruh meneriakkan slogan naik gaji dengan pentungan dan bendera. Teriakan mereka darah tangisnya anak istri tercinta.kabarnya semua naik. Listrik naik. Nasi naik.dikolong kolong lipatan perut itu ada pertanyaan apa ada hati nurani disini?
Lalu jaguar berkulit polos hitam mengkilap, membawakan debu debu dikulit hitam legam para kuli jalanan. Matahari panas nya memaki maki. Derap pacul itu degapnya membahana. Jantung hidup terus dipompa.kapal tangannya mengeras, mengeras menjadi godam dalam kepalan tangan. Kapan sampai? Sampai kapan? Harapannya akan datang si ratu adil. Menjauh jauh dibawa jaguar polos hitam.
Lihat disitu bunga berduri si putri malu.diguncang bunganya dengan taarian para tawon gula.kala susu mahal air tajin juga gula adalah solusi nya. Toh bayi itu tetap mau menetek pada pentil susu artifisial. Gemulai  lenggang  lenggok jaipongan mengisi kotak telivisi. Gembiranya bertalu-talu gendang  menyapu. Ilusinya hari ini adalah hari ini segera bergulir kembali.
Ehm Gayo .kopi yang aku seduh pelan-pelan. …kapan berubah jadi sirup  ke manisan?
erahmawan 1 mei 2014