Minggu, 02 September 2012

ENTRAINMENT


Bila didalam ruangan kosong ada dua garpu tala yang senada,diletakkan  di  ujung yang berjauhan dan saling berlawanan. Apabila satu garpu tala  dibunyikan,maka garpu tala yang kedua akan menangkap getaran frekuensi garpu tala tersebut,kemudian bergetar mengeluarkan bunyi yang senada dengan garpu tala tersebut. Itulah yang disebut ENTRAINMENT. 
***********************

Entrainment, istilah yang saya temukan ketika membaca buku teori   fisika  di sekolah menengah dahulu .Saya tidak akan membahas jauh  tentang apa,bagaimana dan penjabaran dari istilah tersebut.  Entrainment terjadi karena ada harmonisasi dari dua nada. Proses harmonisasi nada ,karena : memang bernada sama , mengikuti nada yang terkuat atau saling menyeimbangkan. Lebih jauh di alam sekitar kita semua sudah tercipta harmonisasi , yang Maha rumit dan sempurna. Lihatlah sekuntum bunga, lihatlah tanaman,pohonan disekitar kita. mereka mempertahankan keseimbangan dan berharmonisasi tanpa bersusah payah. Alam kita selalu mengharmonisasikan dirinya dengan caranya sendiri. Ada sebuah ungkapan seperti ini : " Apakah bunga melati yang ada di taman itu,bekerja keras dan hilir mudik ? " Atau dengan bahasa yang lebih sederhana, " Apakah bunga itu berusaha menjadi bunga ?" . Apakah pepohonan berusaha keras supaya menjadi pohon? ... TIDAK, mereka tumbuh begitu saja, menjalani apa adanya.Walaupun mereka tumbuh begitu saja apakah bunga tumbuh dengan sembarangan, cobalah perhatikan dengan seksama, semua dapat dirumuskan secara tepat dan matematis. Hitunglah jumlah daun bunga,putik sari, benang sari. semuanya tepat sempurna. Bunga  Melati  mungkin bagi saya , hanyalah setangkai kumpulan kelopak bunga berwarna putih ,mempunyai bau harum semerbak. Tetapi bagi seorang pembuat minyak wangi maka bunga melati adalah sumber bahan wewangian yang bisa diekstraksikan menjadi subtansi lain.Bagi seorang pembuat teh maka bunga melati bisa dikeringkan untuk membuat "Jasmine Tea". Bagi seorang terapis herbalis bunga melati bisa digunakan untuk terapi relaksasi....jadi menurut saya alam kita dan isinya sebenarnya adalah  kumpulan dari garpu tala-garpu tala.Jangan Lupa kita sendiri adalah juga GARPU TALA .Saya dan anda akan ber entrainment jika kita sudah bernada sama atau berharmonisasi dengan alam .....
Saya selalu bersemangat ketika melihat matahari muncul dari timur. Saya selalu merasa bahagia ketika melihat pelangi yang melengkung indah. atau ketika  suatu sore duduk di bangku taman yang indah di tepian pantai,  angin bertiup lembut ,debur ombak sayup-sayup, memandang matahari tenggelam di temani orang tercinta?  
Peristiwa-peristiwa  tadi ,seperti yang saya sebutkan diatas adalah bagian efek Entrainment yang secara langsung dapat saya rasakan dengan pancaindra .
Semua hal diatas memiliki kapasitas membangkitkan gairah juga sebagai sumber ilham,dalam kenangan memori otak dan batin . Setiap individu akan ber-entrainment sesuai kapasitasnya. Seorang pelukis akan menuangkannya dalam coretan dalam kanvasnya, seorang photografer akan mengabadikannya dengan fotonya, penyair akan menulis dalam tatanan kata-kata melalui bait-bait puisinya. Mungkin ini yang dimaksud dengan ENTRAINMENT, kurang lebih.....kurangnya untuk saya lebihnya buat anda....ada pepatah jawa berkata : TUNO SATHAK BATHI SANAK...artinya untungnya kurang tetapi labanya dapat saudara.....(kok nggak nyambung?)

@rawont untuk jurnal kecil saya.