Sabtu, 25 Februari 2012

bubur kemiskinan (poridge of povertiness)


Bubur Kemiskinan:
Diawal  tahun naga kemarin...Bos mengajak makan saya di sebuah restoran makanan cina waralaba internasional di sebuah supermall elit di kawasan Surabaya. Restoran ini benar-benar mencitrakan dirinya "VERY-VERY CHINESSE !" semua serba merah...warna yang ada hanya warna merah dan emas...restoran ini sangat rame  penuh sesak dan hanya saya,  teman saya ,serta waitress  restoran yang JAWA! saya tidak ingin bercerita banyak tentang restorannya tapi saya akan bercerita tentang bagaimana moment makan siang itu mentriger saya untuk  menulis BUBUR KEMISKINAN....Cerita ini di mulai dari  omongan teman saya yang mengomentari tentang  bubur seafood yang saya pesan, ia mengatakan bahwa pantang pada tahun baru cina memakan bubur...sebab bubur adalah lambang dari KEMISKINAN!...mendengar komen teman saya yang SOK CINA ,saya pun menjawab..."SO WHAT GITU LO...WONG SAYA  MEMANG SUDAH MISKIN! "....semua tertawa kecuali bos saya....entah apa yang ada dikepalanya...saya tidak mau tahu...
sejenak saya diam dan terlintas diotak saya tentang definisi kemiskinan,definisi kemiskinan yang saya pelajari pun berbeda-beda ,menurut ahli ,mazhab dan misinya masing-masing...

"Poverty is the state of one who lacks a certain amount of material possessions or money" Kemiskinan adalah keadaan seseorang yang tidak memiliki sejumlah harta benda atau uang.(Poverty (sociology)". Poverty (sociology). britannica.com. Retrieved 2010-10-24.)
Ada lagi definisi yang tidak dipisahkan dari definisi utama tentang kemiskinan.yaitu :Absolute poverty (Kemiskinan Absolut ) dan Relative poverty( Kemiskinan relatif).Kemiskinan Absolut  berkaitan dengan kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia ;yang   mencakup kebutuhan air bersih   gizi , perawatan kesehatan , pendidikan , pakaian serta tempat tinggal.  Kemiskinan  Relatif  berhubungan dengan masalah status sosial...dimana di artikan kurang diterimanya  status sosial seseorang di kelompok status sosial tertentu  karena kurangnya pendapatan yang dihasilkannya apabila dibandingkan dengan pendapatan anggota lain dalam kelompok status tersebut...lebih sempit disebut sebagai masyarakat..untuk sekala lebih besar disebut negara...saya  jadi teringat seorang pelopor aliran psikologi humanistik  Abraham Maslow (1908 - 1970) yang merumuskan tentang  Hirarki Kebutuhan manusia: Dimana secara berurutan kebutuhan manusia adalah :  1.  Kebutuhan fisiologis atau dasar, 2.Kebutuhan akan rasa aman, 3.Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi,4.Kebutuhan untuk dihargai, 5.Kebutuhan untuk aktualisasi diri.....Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai teori hirarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri). ....Abraham Maslow. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Ann Kaplan: Maurice Basset.


Bubur yang saya pesan adalah bubur yang terbuat dari beras pulen..berisi potongan besar udang windu,cumi-cumi,ikan kakap dan kepiting yang sudah dikupas....disajikan dalam mangkuk besar disajikan dalam satu nampan bambu dan disitu tersedia mangkok-mangkok kecil dengan sendok bebek tebal dari porselin putih....yang khas dari bubur adalah semua di campur dalam satu hidangan..diublek tumplek...layaknya makanan penjara...mungkin ini pula yang mengilhami orang2 inggris untuk membuat  idiom bahasa slang : "DOING PORIDGE" yang berkonotasi "sedang di penjara"...begitu pula istilah : " NASI TELAH MENJADI BUBUR", adalah idiom tentang penyesalan... ehm  bubur memang secara tidak langsung berhubungan dengan penjara,kemiskinan..dan penyesalan..

ada sebuah  penilitian  sebagai dasar tugas akhir dibidang hukum...yang dilakukan seorang mahasiswi  Maria Dwi M  ditahun 2003 di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pasuruan, ia meneliti PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP TINDAK KEJAHATAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR. Dalam  hasil penelitiannya yang melatar belakangi tindak kejahatan tersebut adalah : (1)perkembangan teknologi dan perkembangan social-kultur dan politik, (2) pergaulan  ,3) kemiskinan....Undergraduate Theses from JIPTUMM / 2003-06-18 09:22:45Oleh : Maria Dwi M (97400094), Law

  Di dalam dunia pendidikan, kemiskinan  juga memengaruhi secara signifikan  kemampuan belajar dan daya serap murid di sekolah....Terutama murid yang berusia muda yang berasal dari keluarga miskin, dimana tidak begitu memperhatikan aspek gizi untuk menumbuh kembangkan kecerdasan otaknya....hal inilah yang menyebabkan timbulnya...GENERASI-GENERASI BARU YANG BODOH....yang terus berakar beranak pinak...sehingga terjadilah BENCANA KEFAKIRAN MASAL....inilah FENOMENA YANG KAYA MAKIN KAYA...YANG MISKIN MAKIN MISKIN...maka muncullah dualitas status MISKIN GENETIS dan KAYA GENETIS!

Seorang Karl Marx dalam bukunya "THE GERMAN IDEOLOGY" mengatakan :
"it is not the counciousness of man which determines their existence,but,on the contrary,it is their social existence which determines their counciness."
"bukan lah kesadaran manusia yang mernentukan keberadaaan mereka,akan tetapi sebaliknya, penghidupan sosial merekalah yang menetukan kesadaran mereka."


Bubur seafood saya makan...teksturnya yang lembut membuat saya terperangah...enak sekali...kaldu udang terasa sekali..saya pun menikmati bubur ini dengan kalem-kalem saja...dalam pikiran saya jika bubur semahal ini tidak enak...maka akan saya tumpahkan ke atas meja ini....saya melihat keluar  restoran ....ada rombongan wanita setengah baya dengan membawa..tas-tas kertas bertuliskan merek pakaian dan  sepatu mewah...melihat wanita-wanita  kaum borjuis itu saya bertanya-tanya...berapa budget yang dikeluarkan suami-suami mereka untuk mesuport penampilan mereka....baluran gengsi....bungkusan yang indah....dalamnya sama rasanya juga pasti sama...yang beda sensasinya!....jadi teringat tulisan dibak sebuah truk pengangkut pasir ,ketika saya berangkat kerja....bunyinya begini : BEDO RUPO , ROSO PODO...artinya beda wajah,akan tetapi rasanya sama...bubur ini saya nikmati sendiri...karena teman saya tidak mau menyentuhnya....takut MELARAT....
Tidak lah salah menempatkan diri sebagai BORJUIS KECIL...tapi perlu diingat sebelum jadi kaum itu dari status Apa anda dulu merangkak...kaum PROLETARIAT.

Borjuis adalah sebuah kata serapan dari bahasa Perancis "bourgeoisie" atau "bourgeois"dalam arti khusus yang dijelaskan di atas. Dalam tatanan feodal pra-revolusi Perancis, "bourgeois" adalah kelas untuk warga yang sebelumnya adalah anggota yang kaya dalam Golongan Ketiga. Kata Perancis "bourgeoisie" berkembang dari kata Perancis Lama burgeis, yang berarti "seorang warga sebuah kota" (bdk. bahasa Inggris Abad Pertengahan burgeis, bahasa Belanda Tengah burgher dan Jerman Bürger). Kata Prancis Lama burgeis sendiri berasal dari Bourg, yang berarti sebuah "kota pasar" atau desa abad pertengahan, kata ini sendiri berasal dari Bahasa Franka "burg", yang berarti "kota". Di bawah kapitalisme, istilah borjuis telah banyak digunakan sebagai ungkapan perkiraan setara untuk orang kelas atas. Kata ini juga berevolusi yang kemudian berarti pedagang dan pengusaha, dan sampai abad ke-19 umumnya bersinonim dengan "kelas menengah", yaitu orang-orang yang masuk dalam spektrum sosial ekonomi yang luas antara bangsawan dan petani atau kaum proletar. Karena kekuatan dan kekayaan kaum bangsawan memudar di paruh kedua abad ke-19, dan karena kelas pedagang dan kelas komersial menjadi dominan, kaum borjuis muncul sebagai pengganti dari digulingkannya kaum bangsawan dan kelas penguasa yang baru.     ( Oxford English Dictionary etymology)


strata kaum borjuis adalah seperti berikut :Borjuis,Borjuis pekerja,Proletariat,Proletariat pekerja,Petani/Hamba dalam dunia industi biasanya diejawantahkan dengan warna kerah :kerah putih,kerah biru,kerah abu-abu,kerah emas,kerah pink,kerah hijau....ada juga :kelas penguasa ,kelas kreatif,kelas budak,kelas menengah bawahan,kelas rendah...
saya jadi berpikir saya termasuk kelas apakah ya...kelas berat,kelas bantam,kelas welter,kelas bulu,kelas bulu ringan,atau kelas bulu ketek ya ?  menurut Badan Pusat Statistik kategori orang miskin adalah mereka dengan tingkat pengeluaran per kapita per bulan sebesar Rp211.726 atau sekitar Rp7000 per hari...kategori ini dianggap oleh banyak orang sebagai penyangkalan  dan manipulasi data yang dilakukan BPS..alih-alih untuk memberikan propaganda positif bahwa pemerintah telah berhasil  dalam membangun bangsa ini..padahal dengan kriteria yang salah akan menimbulkan kemiskinan yang terselubung...jujur saja apakah dengan  uang sejumlah itu...apakah anda bisa bertahan hidup di surabaya bersama keluarga anda?...jawabnya :anda tidak akan bertahan sampai seminggu! pemerintah kita yang sekarang  semakin parah imsonia nya...LUPA DIRI,BAHWA KEMASLATAN HIDUP RAKYAT DITENTUKAN OLEH KEBIJAKSANAAN YANG DIBUAT....BAGAIMANA JIKA IMSONIA ITU MAKIN MENGAKAR DAN MEMBABI BUTA? RAKYAT AKAN BERREVOLUSI MERAMPAS KEKUASAAN! ini selaras dengan teori Antonio Gramsci seorang  filsuf Italia, penulis, dan teoritikus politik.(1891-1937)...

.....Negara adalah ‘organisasi ekonomi dan politik dari kelas borjuis’. Bahkan, negara adalah kelas borjuis itu sendiri. Karena itu, dalam tubuh partai, tak boleh ada keinginan untuk menjalin kerjasama kelas dan penyelesaian konflik-konflik yang semata-mata bersifat formal karena semua ini hanya memperkuat dan melindungi mesin Negara. Jika sebuah partai ingin menjadi organ eksekutif dari kaum proletariat, maka partai tersebut harus bersikap keras pendiriannya secara luar biasa. Namun, ‘kekerasan pendirian ini tidak boleh menciptakan kelembaman’, akan tetapi mendorong yang lain untuk bergerak dan beraksi. Kaum proletariat tidak boleh mengakui kekuasaan eksekutif dari Pemerintah yang bersumber dari Parlemen, namun hanya boleh mengakui kekuasaan organisasi kelasnya sendiri karena hanya organisasi inilah, dan hanya organisasi ini saja, yang sanggup mewakili kepentingan-kepentingan dan cita-citanya. Dan konsep itu harus diperluas, harus diangkat ke atas dan bergerak melampaui batas-batas nasional agar bisa diidentifikasi hukum masyarakat secara umum dari setiap masyarakat manusia. Orang tak boleh mengabaikan keniscayaan historis yang muncul ‘secara niscaya sebagai konsekuensi dari kekuatan mesin, kuantitas barang, perluasan geografis dan kepadatan demografis Negara-negara’ dari rezim kapitalisme. Para negarawan borjuis pastilah akan bisa mengenali tanda-tanda tersebut, terutama saat mereka yakin bahwa kaum proletariat sungguh-sungguh telah siap bagi melakukan perebutan kekuasaan sosial, dan pengambilalihan industri besar dan hak milik atas tanah.....( disunting dari :Roli Maulidiansyah ,2009,Dunia Kata"KAUM BORJUIS DAN KAUM PROLETARIAT; SOSIALISME DAN KEBEBASAN")


dan kemiskinan itu seperti orang yang ngompol dicelana...semua orang bisa melihat,semua orang bisa membaui kepesingannya...sehingga mereka punya hak untuk berkata : MINGGIR KAMU BAU !..atau pergi begitu saja ...tetapi yang bisa merasakan kemiskinan adalah  si miskin itu sendiri..hebatnya si miskin sudah kena penyakit polip akut..sehingga ia tidak peduli dengan kemiskinannya....sebab mereka merasa bahwa hidup itu untuk menjalani...menjalani dan menjalani...... fuiihhh .....Tak terasa semangkok bubur besar...sudah habis...bubur yang biasanya disajikan untuk porsi  dua orang licin tanpa tersisa...teh tawar yang saya pesan,  saya teguk...dan saya pun bersendawa keras...WUAREG TENANNN....di meja masih menunggu banyak menu...dan sebelum berganti kemenu berikutnya....untuk mengenang ke enakkan bubur ini... saya kasih nama menu bubur ini : POVERTY  PORIDGE kalo saya artikan BUBUR KEMELARATAN..... dan saya pun melanjutkan ke menu berikutnya....MUMPUNG GERATIS...MARI KITA KEMON!
@rawont ,surabaya 2012

Rabu, 22 Februari 2012

kita tetap eksis bersama kemiskinan kita



SULUK PERMULAAN SEBUAH CERITA
Beberapa malam yang lalu saya mengajak anak2 saya, pergi nonton wayang kulit...walau mereka sudah ngantuk, mereka antusias sekali untuk mengetahui ..apa wayang kulit itu..
Diantara para hadirat yang datang hanya saya yang datang membawa anak2...yang masih kecil-kecil LAGI...saya sempat bingung karena semua yang hadir..orang2 setengahnya tua..tidak ada anak kecil..tidak ada remaja..semuanya sudah tua dan setengah tua...
KETIKA REBAB DI GESEK SUARA TANGISAN TERDENGAR
berbeda sekali dengan keadaan ketika waktu masa kecil saya..ketika ada wayang kulit ;tua muda, gadis ,janda ,duda."tumplek blek" berbaur melihat dengan antusias ,seperti anak-anak saya...ha ha saya tertawa ,itulah kebudayaan kita mulai dilupakan satu persatu...ketika yang setengah tua dan yang tua mati...siapa yang akan nonton  atau nguri-uri budaya kita lagi? MISSING LINK...pas waktunya diklaim negeri tetangga..kita muring-muring..murka..tidak karuan(seperti saya)..
.
KEBEBASAN DALAM BERPARTISIPASI ...ANDA PUN BOLEH IKUT...
KENONG....DARI BAHAN PERUNGGU
lihatlah para pengrawit itu..surjannya sudah lusuh..hitam mangkak ,seperti jeans belel saya..blangkonnya "luwuk"sdh peyok sana sini...SEMUA ITU harus dimaklumi..mereka mencoba untuk tetap eksis dengan keadaan seperti itu..ada ungkapan yang cukup menggugah hati saya..ungkapan itu muncul dari teman saya yang 
 sedang mabuk(mabuk keadaan )
PARA SINDEN
"KITA TETAP EKSIS BERSAMA KEMISKINAN KITA(baca:Keadaan kita)...dan BIARKAN MEREKA TETAP EKSIS DENGAN KEKAYAAN MEREKA...WHAT A HELL!TOH KEKAYAAN MEREKA TIDAK AKAN MEMPENGARUHI EKSISTENSI KITA !"
PENGENALAN BUDAYA
...kami waktu itu bersama-sama menghadiri SARESEHAN BATIK..kami diundang oleh ibu Eva..beliau seorang praktisi batik,pecinta batik,dan merupakan salah seorang pembatik yang  mencoba eksis..ditengah ketidak berdayaannya (baca :keadaannya)...itulah yang saya salut dari beliau...mereka masih tetap survive dengan membatiknya...diantara lingkungan yang tidak berkultur batik ...pasuruan yang kita tahu bukan kota batik..tidak seperti pekalongan ,solo,atau jogjakarta...tetapi ternyata disudut kawasan industrinya pasuruan masih mempunyai satu titik lokasi sebagai  tempat pelestarian budaya batik...

MELIHAT LANGSUNG DARI DEKAT
GORO-GORO BUKAN GOROH GOROH

malam itu kami berenam datang ke CHANDRA WILWATIKA...yang dijaman keemasannya adalah panggung terbuka yang mengadakan pertunjukan seni tari ramayana,  layaknya yang ada di candi prambanan jogja...memasuki panggung terbuka itu kami dibimbing dengan cahaya kecil dari lilin-lilin yang diletakkan di sisi jalan menuju panggung...di kejauhan sudah berkumpul  belasan muda-mudi yang  peduli akan BATIK negeri ini..duduk berjajar diterangi temaram lampu lilin dan renyah tawa mereka pecah bersama jajan yang tersuguh di depan mereka..kedatangan kami disambut hangat..syal batik dikalungkan....singkat cerita..malam berlalu dengan cepat..tengah malam semua terpekur berdoa dengan pengharapan masing2 untuk batik dan budaya nusantara ..dijam nolkami berdoa dipimpin oleh mas Very putra ibu Eva...mematrikan semangat memulai dari tik nol bersatu padu padan membantu jayanya batik negeri ini...satu akad telah dimulai..akad tidak hanya dibibir..tapi juga disanubari...dini hari itu kami menulis bersama2 di  kain mori ...tulisan itu janji kita pada negeri budaya ini...
"KITA TETAP EKSIS BERSAMA KEMISKINAN KITA...dan BIARKAN MEREKA TETAP EKSIS DENGAN KEKAYAAN MEREKA...WHAT A HELL!TOH KEKAYAAN MEREKA TIDAK AKAN MEMPENGARUHI EKSISTENSI KITA !"kata2 itu terus bersemayam dalam sanubari saya hingga saat ini..saya makin makin mantab dengan EKSISTENSI(baca: Keadaaan)yang harus saya jalani...ketidak berdayaan (jangan dibaca :Kemiskinan) tidak akan menyurutkan keinginan saya untuk tetap eksis(bacalah bertahan )...kebahagiaan tidak selalu tergambar seperti  di senetron2 tivi...malam itu ketika kami tertawa lepas di chandra wilwatika..cak TOAT..nylethuk ringan..."WE..PAK EKO SUDAH KETEMU SURGANE..NYATANE ISO NGGUYU TANPO METU DUWET ..."(indonesianya : wah pak eko sudah ketemu dengan surganya..kenyataannya bisa tertawa lepas tanpa mengeluarkan uang sepeser pun..)...kami semua tertawa lepas dan saya pun menjawab : "SURGAKU NUNUT MAS SURO DHEMIT"(Surga saya ngikut mas suro dhemit)...dan pagi itu kami pulang bersama karena sudah tidak tahan lagi mendengar desisan dan keluhan cak TOAT yang SAKIT GIGI!....@PANDAAN OLEH RAWONT


Senin, 20 Februari 2012

Trees for Life


KELOR & Trees For Life...


Kelor (MORINGA OLEIVERA)Kelor (Indonesia, Jawa, Sunda, Bali, Lampung), Kerol (Buru); Marangghi (Madura), Moltong (Flores), Kelo (Gorontalo); Keloro (Bugis), Kawano ( Sumba), Ongge (Bima); Hau fo (Timor).
termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki ketingginan batang 7 -11 meter. Di jawa, Kelor sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar karena berkhasiat untuk obat-obatan. Pohon Kelor tidak terlalu besar. Batang kayunya getas (mudah patah) dan cabangnya jarang tetapi mempunyai akar yang kuat. Daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Kelor dapat berkembang biak dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian tanah 300-500 meter di atas permukaan laut. Bunganya berwarna putih kekuning kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga kelor keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendok (Jawa). Pengembangbiakannya dapat dengan cara stek. 
Penyakit Yang Dapat Diobati oleh pohon kelor :
Sakit kuning (Lever), Reumatik/encok/Pegal linu, Rabun ayam; Sakit mata, Sukar buang air kecil, Alergi/biduren, Cacingan; Luka bernanah....


CERITA POHON KELOR DAN KEMISKINAN

Pohon kelor telah digunakan untuk memerangi kekurangan gizi, terutama pada bayi dan ibu menyusui. oleh empat LSM dunia antara lain - Trees for Life ,  adalah  sebuah LSM internasional nirlaba , yang berbasis di Wichita, Kansas, Amerika Serikat, yang bekerja untuk pemberdayaan masyarakat desa di negara berkembang .
Misi LSM  ini adalah dengan menjembatani manusia di seluruh dunia untuk membantu menanam pohon buah di negara berkembang. LSM ini juga menyediakan platform untuk orang-orang dari berbagai disiplin ilmu untuk bekerja mencari solusi jangka panjang untuk masalah mendasar di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan.
Trees for Life didirikan pada 1984 oleh Balbir Mathur, seorang India yang merupakan pengusahawan Amerika.. Ketika bekerja sebagai pebisnis internasional di bidang  konsultan , Mathur memiliki beberapa pengalaman yang mengubah hidupnya, setelah sembuh dari penyakit yang membuatnya tidak bisa berjalan selama dua tahun. ia mulai membantu orang dalam menanam pohon buah di India..sebagai salah satu cara difersifikasi pangan untuk rakyat miskin ... Dia meninggalkan kepentingan  bisnis lamanya dan mulai melakukan hal ini secara sepenuhnya... Melihat  apa yang dilakukannya banyak orang yang bersimpati dan membantunya.. ..dari kesungguhan orang-orang yang bersimpati pada usahanya tersebut, Mathur menyadari bahwa visi itu lebih besar dari misi dirinya sendiri.
Trees for Life telah memiliki proyek di India , Guatemala , Haiti , Brasil , Nepal , Kosta Rika , Indonesia , Nikaragua dan Kamboja . Menurut organisasi tersebut, lebih dari dua juta orang telah berpartisipasi dalam program mereka dan puluhan juta pohon buah telah ditanam...
Pada pertengahan 1990-an, Trees for Life meneliti bahwa daun  dari Moringa oleifera sangat bergizi .pohon  ini adalah sebuah solusi sederhana,murah,dan mudah untuk memerangi kekurangan gizi bagi masyarakat miskin. mereka merancang dan melaksanakan program-programnya di negara berkembang. Saat ini Negara2  di Asia , Afrika dan Amerika Latin menetapkan  penanaman pohon KELOR sebagai kebijakan nasional ...dan lebih dari 20 juta pohon sudah ditanam di  benua Afrika... belum lagi yang di benua lainnya.....
 LSM Trees for Life tidak hanya bergerak dibidang  pengadaan pohon  saja..mereka juga bergerak dibidang distribusi buku bacaan untuk kaum miskin di seluruh dunia...dan usaha pengembangan tanaman sebagai salah satu alternatif untuk mencari solusi alternatif bahan bakar non fosil....sebuah gerakan yang patut ditiru bagi rakyat kita....kembali kealam....menyiasati kemiskinan dengan menanam pohon.....@rawont 2012

tentang gerakan Trees for Life 


gerakan Trees for Life  International dimulai pada awal tahun 1980 dengan penanaman pohon buah-buahan di India. Penekanannya adalah pada menciptakan kesadaran, melatih orang untuk menanam dan merawat pohon, dan menyediakan mereka apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka.dalam menanam dan merawat pohon yang ditanam ... Setiap penerima (pohon) membuat janji untuk membantu setidaknya dua orang  lainnya dengan cara yang sama pula....(semacam kopi paste ilmu yang didapatkannya pada 2 orang lainnya...)

Program ini berkembang pesat di India dan menyebar ke Guatemala, Kamboja, Nepal, Kosta Rika, Haiti, Indonesia, Brasil, Meksiko, Ethiopia, Nikaragua dan El Salvador. sehingga puluhan juta pohon buah telah ditanam di negara2 itu...

Tapi jauh lebih penting daripada jumlah pohon yang ditanam adalah kenyataan bahwa penanaman pohon mengilhami banyak orang untuk berbuat lebih banyak untuk membantu diri mereka sendiri. Mereka telah memulai proyek peternakan lebah,kompor hemat bahan bakar , perbaikan tanah mereka, konservasi air, peningkatan penelitian ilmiah tanaman, usaha simpan pinjam, peningkatan fasilitas kesehatan, peningkatan fasilitas pendidikan dan kegiatan tanggung jawab sosial lainnya.

 
"gerakan Trees for Life menyadari bahwa tugas mereka bukanlah untuk memecahkan masalah dunia. Tantangan mereka adalah untuk menciptakan percontohan  jika berhasil, dapat menginspirasi orang lain untuk memecahkan masalah mereka sendiri. ...artinya pemberdayaan diri sendiri...masyarakat..tokoh masyarakat untuk melakukan sebuah aksi...untuk mereka sendiri....

sumber  pustaka :http://www.treesforlife.org

                              http://en.wikipedia.org/wiki/Moringa


Rabu, 15 Februari 2012

TIDAK ADA APPLE PEAR PUN JADI....

Lambang PEAR OS yang merupakan plesetan  APPLE OS

PEAR  OS interface
Apple adalah barang yang mahal bagi saya...dari dulu saya selalu ngiler jika melihat si apple ini...bentuknya sederhana...simple...tapi tegas.dan pasti mahal..Sekitar tahun 2008 an saya menemukan software APPLE MAC OS X v10.4  versi TIGER (cracked).melalui internet ..OS tsb bisa berjalan baik di komputer panggul saya....Pengalaman  pertama kali melihat tampilan grafisnya saya heran begitu detail dan apik..maklum jaman itu sa
Power Mac G5
ya hanya mengenal windows XP..dan .Linux masih berpenampilan kaku GUI nya masih besar-besar....ANEH!.
 
Mac OS X v10.4 Tiger pertama kali dirilis ke publik pada tahun 29 April 2005...TIGER adalah rilisan yang ke lima dari sistem operasi Machintosh..edisi sebelumnya di beri tema PANTHER (version 10.3).Versi tiger adalah versi yang paling memakan waktu dalam penyempurnaan sistem-sistemnya...sekitar 30 bulan waktu yang dibutuhkan untuk penyempurnaannya...Penerus versi TIGER adalah . Mac OS X v10.5 LEOPARD.Versi ini sudah mendukung sistem 64 bit yang diperuntukkan  Power Mac G5, G5 diluncurkan dengan harga USD$1999 pada tahun 2006. bayangkan sendiri harganya ..pada masa itu.dengan uang segitu saya bisa beli tanah kavlingan 100m2an di daerah saya....PABU SALEG !

Beberapa waktu yang lalu saya baca artikel berita di softpedia  Marius Nestor konstributor berita linux edisi 186 menyatakan bahwa telah dirilis Comice OS 4 versi tidak stabil...yang merupakan pengembangan dari Pear OS 3,0 berbasis pada Ubuntu 11.10 (Ocelot Oneiric) dan GNOME 3 .saya lebih tertarik dengan si pear ini..karena Comice os 04 masih versi tidak stabil....

Pear OS 3,0 adalah distro yang dibuat  MEMANG untuk  meniru pengalaman berkomputer dengan  Mac OS X, Apple.dan jika dilihat dari tampilan nya..., tampaknya sudah cukup bagus..hampir serupa dengan Mac OS X,
Pear...yang memang bertujuan untuk itu...pun tanpa malu malu menamakan diri  Pear OS 3,0 panther...yang seperti saya sebutkan diatas adalah salah satu dari Varian Mac OS X.....
Saya mencoba menjenguk ke http://distrowatch.com  dalam data hit ranknya PEAR ada diperingkat 38 sengan nilai hpd nya :285....cukup lumayan.kemudian saya mencoba lebih dalam lagi mengetahui tentang PEAR dan masuk ke http://www.pear-os-linux.fr/  untuk mengetahui siapa developer distro ini.dan  saya klik di link ini release announcement    saya menemui ini :ERROR 404 PAGE NOT FOUND.
The Page you are looking for doesn't exist or an other error occurred. Go back, or head over to Pear Linux - YOU DREAM...WE MAKE to choose a new direction....hahaha lelucon besar dari 
PLESETAN MAC!. Inilah satu gambar yang menarik dan saya ambil dari webnya PEAR dengan slogan  :
YOU DREAM...WE MAKE.. kalo di bahasa indonesiakan :

ANDA BERMIMPI..KAMI MEWUJUDKAN !
David Tavares...ANDA MEMANG JENIUS
David Tavares ;"ANDA MEMANG BENAR2 EKSENTRIK...LAYAK ORANG2 JOGJA YANG DEMEN PLESETAN" SAYA PUN BERKESIMPULAN  JIKA ANDA TAK MAMPU BELI APPLE...MAKA INI SOLUSINYA....
TAK ADA APPLE PEAR PUN JADI
.RAWONT @2012.FEB


Senin, 13 Februari 2012

sebab saya juga orang indonesia

Video Thumb

ganyanglah sebelum engkau diganyang


JIKA ada pertanyaan kepada anda : "BERANIKAH ANDA MATI UNTUK NEGERI INI ? JAWABLAH :BERANI! JANGAN:BERANI BERAPA?
haha itu tadi guyon saja..kok serius dan serem amat.tapi kata kata nasionalisme akan muncul ketika sudah terjadi sesuatu...ingat batik kita yang diklaim juga oleh negeri tetangga...dan waktu itu kita baru bingung kebakaran jenggot...pencaplokan wilayah indonesia sudah saya dengar sejak November 2009 silam.salah satu kejelekan bangsa kita selalu terlambat...terlambat menyadari..terlambat peduli..dan itu salah siapa? tentunya salah saya..karena saya sebagai anak bangsa yang setia (eksis) dengan kemiskinannya (keterbatasannya)....kok peduli dengan hal ini...ha ha..ha..saya kan rakyat kecil sumber eksploitasi...oh ya baru ingat stnk saya habis tanggalnya..saya harus bayar pajak...aduh kena denda nih...ha ha ha kita kan sumber eksploitasi..dan anda jangan kaget jika tulisan ini sudah basi! sebab saya juga orang indonesia suka yang basi-basi!

DEFINISI MAKAN ENAK

saya teringat kata-kata yang pernah terlontar dari beliau panutan spiritual saya yang sangat saya hormati :
"mangan enak iku opo yo kudu lawuh daging..?"..
setahun yang lalu kata -kata itu terucap oleh beliau.. setelah saya bertanya kepada beliau "bagaimanakah bahagia itu ?".Beliau tidak menjawab pertanyaan itu...dan mengatakan jawaban itu sudah ada dan hanya bisa di jawab oleh diri maseko sendiri...dan saya terus berusaha mencari,mencari dan terus menggali...saya bertanya kepada siapa saja yang akrab dengan saya ..dari istri saya..bekas pacar saya...kangmas tunggal petarangan saya...adik saya..teman karib saya...dan saya tidak dapat menemukan jawaban pas menurut hati saya...dan semalam ketika saya sudah hampir melupakan semua pertanyaan-pertanyaaan tentang "kebahagiaan" itu..saya teringat kata-kata beliau"mangan enak iku opo yo kudu lawuh daging.."dan semuanya GAMBLANG terjawab...semua tergantung diri saya..bagaimana menetapkan standar kebahagiaan itu...dan seberapa tinggi saya mengibarkan bendera kebahagiaan adalah terserah diri saya...

meminjam kata-kata seorang filsuf india : perasaan bahagia..itu seperti kita naik 
kapal terbang KEBAHAGIAAN...dimana kita bisa terbang karena melewati landasan DUKACITA..atau ketika kita memasuki sebuah ruangan KEBAHAGIAAN..dipojok ruangan itu sudah ada pintu ke ruangan DUKACITA..
kebahagiaan itu menurut saya tidak bersifat mutlak dan pemanent...apakah kita akan terus terbang dengan pesawat KEBAHAGIAAN? tidak menurut saya..suatu saat kita harus turun ke bandara duka cita..

berbekal dari kata kata bahasa jawa ngoko dari beliau paduka yang terhormat "MANGAN ENAK OPO YO KUDU LAWUH DAGING..NAK MANGAN TEMPE TAHU BERARTI ORA ENAK?"...Saya mulai mereposisi diri saya pada titik dimana saya harus mencari apa yang membuat makan itu enak walau tanpa daging...dan saya sudah menemukannya..yaitu RASA BERSYUKUR bahwa saya bisa makan hari ini..hari itu..dan hari kemarin.
dan saya sekarang tahu..bahwa kebahagiaan yang sejati itu tidak perlu saya jabarkan..dengan dialektik yang muluk-muluk...biar lah saya yang menyimpannya KHUSUS untuk diri saya pribadi..kebahagiaan sejati tidak terkait dengan zat kebendaan..ia terlahir dari ruh batiniah saya...dan kebahagiaan anda tak perlu disamakan dengan kebahagiaan saya,..dan kebahagiaan saya tidak lah harus sama persis dengan kebahagiaan anda..

#diinspirasikan dari perenungan saya semalam 4-5 Agustus 2011 @maseko rawont

aya consumption

Jumat, 10 Februari 2012

DEWI AMBA ,DAN LELAKI YANG TERPERANGKAP JANJI.

Gulungan lontar itu...digenggam dalam ragu...tangan yang gemulai....memetik sekar kenanga  yang menjuntai laksana rambut hitam para bidadari...bau ratus ribuan dupa hio telah sampai disini...gemuruh komat-kamit doa membuat langit gerah keruh...."kang pinesti pesti...tan iso kapupus pupus..."  semuanya telah tercatat...tergaris dalam titian kepastian...inilah hari kesepuluh kakandaku setelah tegal kuru setra terbasuh oleh darah merah...aku akan datang padamu..sesuai janjiku,aku jemput kau di swargaloka  inilah penantian panjangku ..kakanda Bisma....dan senyum dewi amba berkembangan tersamun kabut tipis khayangan.....

Bhagawat Gita telah tercetus ...  Kresna putra Basudewa, kesayangan utama Dewaki, penghancur raksasa Kamsa dan Canura;... wahai Yogaswara  yang telah ber tiwikrama...memperlihatkan Wujud Ilahi ...tertinggi-Nya kepada Partha (Arjuna)...Dengan banyak mulut dan mata, dengan banyak visi luar biasa, banyak perhiasan ilahi serta senjata terhunus. Dengan mengenakan kalung rangkaian bunga dan pakaian surgawi, dengan wewangian dan shalimar (wangi surgawi), yang semuanya gilang gemilang menakjubkan, tak terbatas, dengan muka menghadap ke segala arah.....Dhananjaya (Arjuna), yang tersentak perasaannya dengan rasa kagum dan bulu romanya berdiri, membungkukkan kepalanya kepada Yang Kuasa dengan tangan mencakup dalam bersembah, lalu berkata:
" Aku melihat-Mu dalam wujud tak terbatas pada segala sisi, dengan tangan, perut, muka dan mata yang tak terhitung banyaknya, tetapi aku tak melihat akhir, pertengahan, dan permulaan-Mu, wahai Penguasa Alam Semesta dengan Wujud Universal...Ketika aku melihat-Mu yang menyentuh langit, yang cemerlang dengan berbagai warna, dengan mulut yang terbuka lebar dan mata lebar bersinar, hati kecilku gemetar ketakutan dan aku merasakan ketidakmantapan serta kedamaian, wahai Wisnu....Ketika aku melihat mulut-Mu yang mengerikan dengan taring-taringnya seperti kobaran api pralaya, aku kehilangan arah dan tak menemukan kedamaian. Wahai Penguasa para dewa, tempat berlindung segenap alam semesta, berbaik hatilah padaku....Beritahukanlah kepadaku siapakah yang berwujud menyeramkan ini. Aku bersujud kepada-Mu Dewata Agung, ampunilah aku.... "
Sri Bhegawan  Kresna bersabda :
Aku adalah Kala,sebagai pemusnah alam dunia yang tumbuh menjadi masak dan terlibat di sini dalam memusnahkan dunia ini. ..Bahkan tanpa upayamu pun, seluruh pasukan yang berdiri dalam formasi tempur itu.. akan musnah semuanya....

Oleh karena itu, bangkitlah engkau dan raihlah kemenangan. Taklukkan musuh-musuhmu dan nikmatilah kerajaan yang makmur sejahtera. ...Sebenarnya mereka semua telah Aku musnahkan; sedangkan engkau hanyalah alat belaka, wahai Arjuna.....

Bunuhlah Durna, Bisma, Jayadratha, Karna dan para pahlawan agung lainnya, yang semuanya telah Aku musnahkan. ..Janganlah gentar; bertempurlah dan engkau harus menaklukkan musuh-musuh dalam peperangan ini.....

 “tarlen saking liyep layaping aluyup, pindha pesating supena sumusup ing rasa jati...rasa jati...Omm”..... pikiranku adalah belantara yang SUWUNG..GUNG LIWANG LIWUNG....aku telah menemukan SEKAR TANJUNG BIRU...ya Kesawa...ya Kresna....tanganku kuyu layu..telah perkasa merentang Gendewa.. Pasopati ku...Sarotama,Ardadali,Cundamanik....keris Pulanggeni TERHUNUS....cambuk kyai Pamuk ini akan memekakkan telinga mereka yang TULI ! sudah tidak ada beban dalam hati pikiranku......."kang pinesti pesti...tan iso kapupus pupus..."  dengarkan ini sepenuh hati aku berteriak.....

Wahai kakekku Bisma...aku menyayangimu sebagai cucumu...
Wahai kakekku Bisma...aku menghormatimu sebagai kakekku
kebenaran itu  tegak karena harus ditegakkan...
ketika Kau ada didepanku..menghalangi sebuah REVOLUSI
dan engkau melindungi kerusakan  negeri ini
maka engkau adalah SATRU TUNGGAL ku...

Jika matamu masih MELIHAT KEBENARAN itu....MUNDUR PERGI !
atau aku akan mencokel matamu satu persatu !
Jika mulut masih setia dengan MATAHATI...SUARAKAN DHARMA SUCI !
atau aku akan menyobek mulutmu hingga tak bersuara lagi.....
Jika kuping mu belum PEKAK ..DENGARKAN KATA HATI SUNYI !
atau akan kupotong kupingmu untuk makanan babi!


Debu mengepul diantara..jejak darah prajurit mati...matahari muncul di timur seperti biasa..menampakkan siluet panjang beribu-ribu prajurit ,hitam legam.anyir darah apek debu jadi satu...berjuta lalat berkerumun....inilah hari kesepuluh itu..srikandi telah berdiri diatas kereta perangnya...memegang panah busur....Bisma dikejauhan menatap dengan mata tajam...memandang sayu.."AKU ADALAH KSATRIA YANG TERPERANGKAP JANJI..."teringat lalu dewi Amba yang mati didalam pelukannya...." MAAF ADINDA AMBA...AKU TAK BERMAKSUD SEPERTI ITU....AKU ADALAH KSATRIA YANG TERPERANGKAP JANJI..." Resi bisma terus mengulanginya berkali-kali; ...."kang pinesti pesti...tan iso kapupus pupus..."  semuanya telah tercatat...tergaris dalam titian kepastian...
Sangkakala telah ditiup...perang besar hari kesepuluh dimulai,Resi Bisma merangsek kedepan..prajurit prajurit bertumbangan...sang Kresna mendaulat Srikandi menghadapi Resi Bisma...Kedua saling berhadapan, Bisma memukul srikandi,Bisma menendang Srikandi..Srikandi diam tak bergeming....Bisma memukul,menendang lebih keras Dewi Srikandi tetap tidak membalas....Bisma terkesima di hadapannya adalah Dewi Amba...kekasih tercinta....
"KAKANDA BISMA AKU DATANG MENJEMPUTMU...INILAH HARI YANG DIJANJIKAN ITU...AKU DATANG MENJEMPUTMU KE SWARGALOKA  BISMA KEKASIHKU...KSTRIA YANG TERPERANGKAP JANJI..."
melihat  dewi Amba telah manjing dalam badan Dewi Srikandi...Sri Kresna menyuruh Srikandi memanah sang Resi Bisma....Karena rasa kewanitaannya. srikandi tidak tega membunuh Resi Bisma... panah Hrusangkali   melesat tak berdaya....secepat kilat panah Arjuna mendorong panah Hrusangkali.....panah srikandi itupun menancap didada Sang Bisma.....sang Bisma jatuh...semuanya hitam ....BISMA GUGUR.......BISMA GUGUR.......BISMA GUGUR.......BISMA GUGUR..SEKETIKA ITU PERANG BERHENTI ...SEMUA MENGUCAP DUKA PAHLAWAN AGUNG TELAH TIADA....KURUSETRA SUNYI!
                                                                     **********
Diatas Swargaloka...bertalu-talu degung KEBOGIRO....menyambut sepasang kekasih,,para bidadari nenaburkan melati disetiap jalan yang mereka lewati...dewi Amba menggandeng suami tercinta Bisma...Gulungan lontar itu...digenggam erat...tangan yang gemulai....memetik sekar kenanga  yang menjuntai laksana rambut hitam para bidadari....bau ratus ribuan dupa hio telah sampai disini...gemuruh komat-kamit doa membuat langit membuahkan bianglala setelah sedari tadi hujan.."kang pinesti pesti...tan iso kapupus pupus..."  semuanya telah tercatat...tergaris dalam titian kepastian... @Rawont (pandaan 10 Febuari 2012) terinpirasikan dari Bhagawat Gita bab11  dan kisah cinta bisma yang paradoxs...

Selasa, 07 Februari 2012

UNTUK PRAM....


DI  tanggal 6 februari yang lalu  Pramoedya Ananta Toer ulang tahun....dan saya pun membuka catatan hidup beliau.
....... beliau lahir di. Blora, Jawa Tengah, 6 Februari 1925  dan  meninggal di Jakarta, 30 April 2006 pada umur 81 tahun),Pramoedya Ananta Toer terkenal dengan nick namenya PRAM adalah penulis besar indonesia yang telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing....lahir dari kalangan rakyat kecil seperti saya... Ayahnya adalah seorang guru, sedangkan ibunya berdagang nasi. Nama asli Pramoedya adalah Pramoedya Ananta Mastoer, sebagaimana yang tertulis dalam koleksi cerita pendek semi-otobiografinya yang berjudul Cerita Dari Blora. Karena nama keluarga Mastoer (nama ayahnya) dirasakan terlalu aristokratik, ia menghilangkan awalan Jawa "Mas" dari nama tersebut dan menggunakan "Toer" sebagai nama keluarganya....
Selain pernah ditahan selama 3 tahun pada masa kolonial dan 1 tahun pada masa Orde Lama, selama masa Orde Baru Pramoedya merasakan 14 tahun ditahan sebagai tahanan politik tanpa proses pengadilan.....13 Oktober 1965 - Juli 1969,Juli 1969 - 16 Agustus 1969 di Pulau Nusakambangan,Agustus 1969 - 12 November 1979 di Pulau Buru,November - 21 Desember 1979 di Magelang....banyak versi kontroversi tentang PRAM...Ketika Pramoedya mendapatkan Ramon Magsaysay Award, 1995, ...sebanyak 26 tokoh sastra Indonesia menulis surat 'protes' ke yayasan Ramon Magsaysay. Mereka tidak setuju, Pramoedya yang dituding sebagai "jubir sekaligus algojo Lekra paling galak, menghantam, menggasak, membantai dan mengganyang" pada masa demokrasi terpimpin, tidak pantas diberikan hadiah dan menuntut pencabutan penghargaan yang dianugerahkan kepada Pramoedya...............( sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Ramon_Magsaysay_Award).
Terlepas  dari benar dan salahnya..saya tidak begitu peduli....karena sejarah bisa dibengkok dan dirubah.. Yang saya kagumi dari beliau adalah kekenyalan dalam menghadapi segala perubahan dari rezim ke rezim dari orde ke orde....ia adalah karet hidup yang tahan banting dan tahan korosi...lentur dalam melawan kecongkakaan... selalu percaya bahwa akan ada harapan kelak....tetap menulis diantara ketidak pastian di dalam  masa penjaranya di pulau buru....berharap anak-anak dan cucunya kelak bisa membaca tulisannya!
ada catatan pinggir  tetangPram  yang saya sunting dari Majalah Tempo No 08, 27 Apr-3 Mei 1999 yang ditulis oleh seorang maestro penulis indonesia Goenawan Mohamad..yang juga pernah terpenjara karena tulisannya...

                                                                          ********
 Pram
                   (sebuah catatan pinggir oleh :Goenawan Mohamad)

"Pramudya Ananta Toer di New York. Bagaimana kita pernah membayangkan ini? Di tengah Park Avenue tulip bermunculan kembali-tiap tahun seperti tak disangka-sangka-dengan rapi, seakan kembang plastik. Ini akhir April. Di dalam Gedung Asia Society di tepi avenue itu, di auditoriumnya yang penuh sesak, orang memandang ke pentas: Pramudya Ananta Toer di New York. Sesuatu yang lebih tak terduga. Orang sadar bahwa di panggung yang tertata itu, ada sesuatu yang datang dari sebuah pengalaman yang suram.


Pram mengenakan jas Nehru abu-abu, rambutnya yang memutih dan gondrong tersibak ke belakang. Dalam umurnya yang lebih dari 70 tahun, ia tampak kuat, langsing, tegak. Suaranya besar dan mantap, dengan getar di sana-sini. John MacGlynn, penerjemahnya, duduk di dekatnya, dekat sekali ke telinga Pramudya yang pekak, untuk setiap kali menyalin percakapan ke dalam bahasa Inggris atau sebaliknya. Di sebelah kiri Pramudya, Mary Zurbuchen, mengajukan beberapa pertanyaan dalam sebuah interview yang menarik, sebelum Pramudya menghadapi hadirin.


Pernahkah kita membayangkan ini? Mungkin kita akan mengatakan, sejarah memang sebuah proses dari keadaan terbelenggu ke arah keadaan merdeka-dan riwayat hidup Pramudya Ananta Toer melukiskan itu. Di zaman perang kemerdekaan ia ditangkap dan dipenjarakan Belanda, karena ia anggota dari pasukan Republik. Di zaman “Demokrasi Terpimpin” Soekarno ia dipenjarakan tentara, karena bukunya Hoakiau di Indonesia. Di zaman “Orde Baru” ia dipenjarakan, dibuang ke Pulau Buru, dan kemudian dikembalikan ke Jakarta tetapi tetap tak bebas, selama hampir 20 tahun. Dan kini, tahun 1999, ia mendapatkan paspornya, ia seorang yang merdeka kembali, dan ia berangkat ke Amerika Serikat, sebuah negeri yang tak pernah dikunjunginya-dan ia disambut.


Tetapi benarkah sejarah punya narasi selurus itu? Di Pulau Buru, tempat ia diasingkan selama 13 tahun beserta 12.000 tahanan politik lainnya, sebuah gulag yang dikurung oleh laut, sebuah kamp yang dikitari savana dan diselang-selingi rawa, barangkali yang bertahan hanya ide bahwa kelak manusia akan bebas. Terutama jika orang mempercayai Hegel dan Marx-seperti mempercayai eskatologi bahwa surga akan datang kelak di kemudian hari karena itulah janji Tuhan. Tetapi jika kita baca catatan-catatan Pramudya yang kemudian dihimpun di bawah judul Nyanyi Sunyi Seorang Bisu, yang di Amerika tahun ini diterbitkan sebagai The Mute’s Soliloquy, barangkali yang tebersit di sana bukanlah eskatologi itu, bukan Hegel bukan pula Marx, melainkan sebuah “pesimisme pemikiran, optimisme kehendak”.


Kalimat ini datang juga dari keadaan terpenjara: yang menuliskannya seorang Marxis yang orisinil, Antonio Gramsci, dari selnya di Italia di tahun 1930-an. Mungkin itu pulalah yang juga terjadi di Buru. Pram menuliskan catatannya dan kemudian menyembunyikannya, tanpa harapan bahwa semua itu akan dibaca. Tetapi, seperti dikatakannya kepada Mary Zurbuchen, ia ingin agar ada kesaksian bagi anak-anaknya-yang terpisah dari dirinya selama bertahun-tahun itu-bahwa “mereka pernah punya seorang ayah”.


Ancaman dari waktu adalah ketidaktahuan yang berlanjut atau lupa yang kemudian terjadi. Mengetahui, dalam melawan ancaman waktu itulah hal yang penting bagi Pram. Ia tak tahu apakah ia akan menang. Akalnya mengatakan kemenangan baginya mustahil. Tetapi ia tak hendak menyerah. Ia menulis sederet novel sejarah.


George Orwell pernah mengatakan bahwa bentuk novel adalah yang “paling anarkis” dalam kesusastraan. Orwell benar, sepanjang sifat “anarkis” itu diartikan penampikan novel kepada segala yang ortodoks dan mengekang. Tetapi pada sisi lain, novel-seperti yang ditulis oleh Orwell dan Pramudya, terutama novel sejarah itu-mempunyai dorongan yang dekat dengan kehendak “mengetahui”. Dan “mengetahui” bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dengan anarki; mengetahui adalah proses yang tertib.


Dalam novel, sejarah memperoleh alur, mendapatkan bentuk. Mungkin bukan sebuah alur Hegelian (bahwa sejarah akan berakhir dengan kemerdekaan), tetapi bagaimanapun bukan sesuatu yang acak-acakan. Haruskah dengan pandangan demikian ini pula kita melihat cerita hidup Pramudya sendiri: dari sebuah pulau buangan yang jauh di Maluku, sampai dengan ke Amerika Serikat, sebuah negeri yang-seperti diakuinya malam itu-punya kontribusi besar, berkat Presiden Carter, dalam pembebasannya dari Pulau Buru?


Salah satu yang sering mengagetkan dalam sejarah ialah bahwa ia ternyata bisa mengagetkan. Banyak hal berlangsung bukan semata-mata karena progresi yang seperti hukum itu, bukan karena perkembangan sebuah struktur sosial, bukan pula takdir, melainkan karena tindak manusia. Dari saat Pramudya ditahan sampai dengan saat Pramudya di New York telah berlangsung sebuah periode yang begitu mencengkeram: Perang Dingin. Perang Dingin, yang membagi dunia menjadi dua sejak akhir 1940-an, antara “komunis” dan antikomunis”-seakan-akan itu sebuah pembagian yang kekal-tak disangka-sangka berakhir ketika Mikhail Gorbachev mengambil keputusan yang semula tak terbayangkan di tahun 1989: Uni Soviet harus berubah, dan Tembok Berlin diruntuhkan.


Smiley, tokoh utama John Le Carre yang muncul kembali dalam The Secret Pilgrim, mengatakan itu dengan secercah rasa kagum: “Manusialah yang mengakhiri Perang Dingin itu, kalau kau belum mengetahuinya. Bukan persenjataan, atau teknologi, atau tentara atau serangan. Manusia, itu saja. Dan bahkan bukan manusia Barat… melainkan musuh bebuyutan kita di Timur, yang turun ke jalan, menentang peluru dan tongkat polisi dan berkata: Sudah cukup. Kaisar merekalah, bukan kaisar kita, yang berani naik ke panggung dan mengatakan bahwa ia tak berpakaian.”


Kaisar yang berani, rakyat yang bertindak…. Manusia belum mati-mungkin itulah yang akhirnya harus dikatakan, sebuah kabar gembira untuk Pramudya, tentang Pramudya. Setidaknya ketika musim dingin ketidakbahagiaan kita berakhir, dan tulip dan magnolia muncul, setidaknya sampai musim gugur tiba kembali."
( Majalah Tempo No 08, 27 Apr-3 Mei 1999)

selamat ulang tahun PRAM...semoga diswarga sana engkau bisa menulis dengan bebas tanpa sensor para penguasa...  dan..saat ini dalam bayanganku... engkau bercengkrama bersama HEGEL  dan MARXS.....membahas tentang korupsi di ibu pertiwi.......sambil menertawakan  Nietzsche
yang keberatan kumisnya......



SUMBER :   http://caping.wordpress.com/1999/04/
                     http://id.wikipedia.org/wiki/Pramoedya_Ananta_Toer
                    http://id.wikipedia.org/wiki/Goenawan_Mohamad

Sabtu, 04 Februari 2012

F.......BOOK,ANTARA CINTA,BENCI DAN RINDU


Antara suka,benci, dan rindu...,ngomong-ngomong....saya barusan saja mengenal media ini secara intensif 1 tahun lalu.sejak januari tahun kemarin...ada banyak hal yang saya tidak tahu tentang media ini...akan tetapi karena jejaring sosial ini memang sedang trend dimana-mana seantero dunia maka saya putuskan untuk membuat akun dengan nick name saya RAWONT .Apalagi di setiap web yang saya baca selalu ada tulisan "jadilah yang pertama di antara teman-teman anda untuk menjadi yang pertama menyukai ini,'' lalu disitu terpampang aksara F berwarna biru yang khas...

ada lagi yang mendorong saya untuk masuk kejejaring sosial ini,semua orang semuanya memakai ini ,termasuk teman-teman saya..mereka membuat grup almamater tempat dimana dulu saya kuliah,dan ketika saya bertemu kawan lama saya selalu bertanya " nama akun FB mu siapa? " atau nanti ADD aku ya.." ..mereka sudah tidak menanyakan lagi no hp.atau alamat rumah..sebab biasanya mereka bisa mengakses semuanya di FB..Ada lagi yang mengharuskan saya untuk mempunyai akun FB ,...

jejaring sosial ini memudahkan saya untuk login ke sebuah website...saya contohkan ketika saya mau masuk ke radio online untuk mendengar musik yang lagi trend di jango,saya tak perlu ribet membuat akun baru untuk login atau mengingat password...apalagi saya ini seorang pelupa.
"semua terkoneksi " ....

inilah slogan yang dipakai oleh facebook "connected"..dan memang benar banyak yang terkoneksi karena facebook. Saya bisa terkoneksi dengan teman-teman lama saya..teman TK,SD,SMP,SMA,teman kuliah saya..bahkan bekas pacar saya...hihihi.nah ada fakta yang saya dengar di INGGRIS : dengan adanya facebook tingkat perceraian di negeri itu meningkat drastis...di indonesia juga?...JELAS!

pengalaman saya ber facebook bertambah seru ketika teman 2 saya mengirimkan yang lucu2...dari tautan sebuah web yang berisi humor segar sampai gambar-gambar yang aneh dan saru...ilmu komputer sampai info yang tidak saya perlukan...
teman saya terus mengirim saya berbagai macam gambar dan tautan...layak itu sebagai keharusan...dan saya menyukai itu karena saya tak perlu repot2 lagi mencari gambar yang lucu...dan sayapun selalu tertawa karena itu...terimakasih teman-teman...

layaknya teman 2 saya,sayapun begitu...saya mengirimkan lusinan gambar perjalanan hidup saya tanpa saya peduli...itu menggangu atau tidak...untunglah saya lebih banyak mengirimkan gambar-gambar landscape dan fotografi umum,sehingga banyak teman-teman saya yang suka,sehingga saya sedikit bisa menutupi rasa malu saya hehehe....seiring dengan jam terbang saya di FB saya mulai tahu bagaimana memilah-milah konten yang saya upload sebagai material untuk public ,teman.relative, atau khusus untuk saya pribadi...istilahnya sudah NO BLIND TECHNOLOGY dan NOBLIND STATUS ANYMORE ! hahaha...

Pernah beberapa waktu yang lampau ,saya menatap layar komputer saya bermenit-menit...berpikir keras mau mengisi apa status saya hari ini...saya bingung dan saya lebih memilih blank saja...oh ya saya lebih senang membaca status teman....yang berisi sesuatu yang lucu.aneh..inspiratif kreatif atau makian keras..daripada ungkapan yang menyedihkan tentang keluhan kehidupan cinta mereka,atau keluhan hal -hal yang sepele ..atau juga kegiatan mereka saat itu "misalnya : saatnya kuliner malam...makan ayam goreng,...dikaefci "..saya lebih senang bila membaca status yang begini :"LEGA RASANYA BISA KENTUT DIDALAM BIS AC ! " atau "GUNAKANLAH ISTRI SEPERLUNYA ! "

ada lagi yang saya tidak sukai dari FB...semua orang bisa tahu siapa anda,siapa saya..punya anak berapa? ..wajahnya cakep atau pas-pasan?...tatonya dimana dan berapa?.. semuanya tidak bisa disembunyikan...sebenarnya yang seperti ini sangat berguna bagi mereka yang mau PDKT dengan seseorang....tinggal subcribes...tahu deh apa yang disukai ...untunglah saya sudah melewati fase ini... karena saya sudah laku keras,tanpa diskon lagi hahaha...
hal yang diatas bisa diatasi dengan pengaturan peraturan privasi yang tepat....dan efeknya anda tidak punya teman atau anda tidak bisa diakses oleh teman anda.. :P

saya juga tidak suka tentang permintaan pertemanan di FB ....PERMASALAHAN nya kadang teman yang meminta pertemanan itu saya tidak mengenal...dan pada tahap ini saya sering bingung...mau diapakan hubungan kita? : diterima atau ditolak...satu sisi saya pengin menerima satu sisi saya ingin menolak, karena saya memang tidak mengenal orang itu...coba bayangkan facebook menempatkan saya sebagai seorang yang sombong yang menolak ketulusan seseorang untuk berteman!.....untuk mengatasi ini biasanya saya menempatkan ia sebagai teman kenalan...saya juga selalu mengklasifikasi teman..misalnya teman dekat,keluarga,linuxer,almamater,dan yang terlarang....

satu lagi yang tidak saya suka dari FB .facebook bikin ketagihan...ada guyonan begini :
yang menyebabkan ketagihan : ganja,morfin,kokain,estasii,sabu dan FACEBOOK! begitu hebatnya FB dalam kehidupan produktif kita..ia menyedot waktu kita tanpa terasa..." UUPPPS SUDAH SATU JAM..." Apalagi sekarang FB sudah bisa diakses lewat hp kita..semakin mudah waktu kita tersedot...dan ketagihan ...satu lagi hal yang tidak saya sukai dari FB....

******
itulah banyak dan sedikit tentang FB..ada yang saya suka dan banyak pula yang tidak saya suka .akan tetapi saya akan bilang kepada anda...jika saya sudah lama tidak ber FB an saya merasa kangen...saya kangen dengan komentar lucu teman2 saya, info-info mereka...dan dengan melihat posting mereka...saya merasa sudah "teruptodate "...walaupun tidak bersentuhan secara langsung setidaknya saya merasa dekat dengan mereka yang bertempat jauh...ada SEBUAH emosi ,saya masih bisa terhubung dengan mereka...terutama bila ditowel oleh bekas pacar saya yang sudah bertahun2 menghilang....CEKE CEKE ROOT....HAHAHA NARSIS dan LEBAY BANGET....oh ya..Sore itu..saya bertanya pada PAKDE NO..lelaki umur 50 an tahun kenalan saya : "Pakde sampeyan gadhah FB ? " dijawab : "Ono le..sing SEMI opo sing FULL? "( kalo diartikan dalam bahasa indonesia : PAKDE ANDA PUNYA FB? dan dijawab : ADA...YANG SEMI APA YANG FULL?......)wkwkwkwwkw :-D @rawont feb 2012#